Back to Question Center
0

Semalt: Seorang Pria yang Mengedit Tiga Juta Artikel Wiki

1 answers:

Dalam artikel ini, Oliver King, Manajer Sukses Pelanggan Semalt, akan memberi tahu Anda tentang perangkat lunak Svenker Johansson yang berhasil menghasilkan jutaan artikel di Wikipedia, dan bagaimana dia menjadi salah satu dari editor paling terkenal dan produktif dari situs ensiklopedia ini. Pengajar fisika Swedia ini dikenal luas sebagai Lsj. Dia telah menciptakan Lsjbot, editor Wikipedia otomatis, yang telah membantu Svenker membuat banyak artikel Wikipedia untuk versi Swedia-nya.

Sejauh ini, Lsjbot telah mampu menciptakan tiga juta artikel di berbagai versi Wikipedia dan mengumpulkan lebih dari sepuluh juta suntingan individu. Johansson mengatakan bahwa tugas utamanya adalah membuat artikel tentang berbagai jenis hewan dan tumbuhan, dan sebagian besar pengeditannya terkait dengan tugas itu saja. Ada saat ketika Wikipedia hanya memiliki beberapa bot, namun Johansson mengklaim bahwa mereka semakin penting saat ini dan harus menjadi bagian dari mesin Google dan Wikipedia.

Namun, ada batasan untuk apa yang bisa kita lakukan dengan bot. Bot penting karena membantu mempertahankan banyak pekerjaan dan membuat berbagai artikel di Wikipedia. Versi bahasa Inggrisnya memiliki jutaan artikel yang diterbitkan, dan bot digunakan untuk memperbaiki vandalisme untuk sebagian besar. Di mana saja di dunia ini, mereka ditemukan memperbaiki dan memperbarui barang lama, mengarsipkan diskusi yang ada, mengubah kategori artikel Wikipedia dan menambahkan perangko tanggal akurat ke laporan masalah manual.

Apakah robot menulis sejarah NASA?

Salah satu bahaya utama pendekatan ini adalah artikel yang berakhir dengan sejarah NASA. Banyak orang percaya bahwa bot telah menciptakan artikel tersebut dan banyak program otomatis terlibat dalam penerbitan mereka. Pada tahun 2008, sebuah algoritma yang dikenal sebagai ClueBot II berhasil menulis lima belas ribu artikel Wikipedia tentang asteroid. Ini hanya menulis ulang data publik dan mengubah informasi dari database NASA menjadi artikel Wikipedia. Artikel ini diedit oleh bot, yang mengubah tag mereka dan menghubungkannya satu sama lain untuk tautan balik . Bots ini bahkan mengubah versi bahasa Inggris dari artikel Wikipedia menjadi versi bahasa China. Pada tahun 2012, ciptaan ini dibatalkan, dan manusia melakukan semua pekerjaan.

Bot atau robot menjalani proses persetujuan khusus

Erik Moller, seorang deputi direktur dan kontributor Wikimedia Foundation, yang bertanggung jawab untuk mengawasi situs web tersebut, telah memberikan beberapa contoh tentang Cluebot. Dia mengatakan bahwa sebuah kebijakan komprehensif mengatur penggunaan robot atau bot di Wikipedia. Dia mengatakan kepada Guardian bahwa tidak semua bot memenuhi syarat untuk mengerjakan ensiklopedia raksasa ini karena sifat, fitur, dan pilihan mereka yang terbatas. Sebagian besar bot melewati prosedur persetujuan yang sulit dimana penentuan dilakukan oleh manusia apakah tugas yang mereka lakukan itu bermakna atau tidak. Bot yang jarang melakukan kesibukan yang tidak perlu sama sekali tidak disetujui seketika atau dimatikan untuk seumur hidup.

Moller juga mengakui bahwa data terstruktur Wikipedia dan proyeknya dipelihara dengan berbagai cara, yang membantu menjaga agar segala sesuatu tetap diperbarui dan mengurangi potensi kesalahan manusia secara manual memperbarui dan mengimpor jumlahnya.

Wikipedia adalah salah satu situs yang memiliki banyak artikel. Johansson telah membela praktik pembuatan jutaan artikel saja, dengan mengatakan bahwa dia memanfaatkan robot dan bot dengan bijak dan membuat mereka disetujui oleh otoritas senior sebelum menggunakannya di Wikipedia Source .

November 29, 2017