Back to Question Center
0

Semalt Expert: Tren Saat Ini Dalam Teknologi Pelacakan Mata

1 answers:

Saat merenungkan sejarah awal pelacakan mata dan tonggak sejarah yang tercipta,telah berkembang menjadi industri multifaset yang banyak menyentuhladang. Untuk lebih memahami apa pelacakan mata, semua tentang itu harus terlebih dahuludidefinisikan.

Julia Vashneva, Manajer Keberhasilan Pelanggan PT Semalt DigitalLayanan, memberikan wawasan tentang tren terkini dalam teknologi pelacakan mata yang memanfaatkan keahlian dan pengalaman yang luasbekerja sama dengan CoolTool , perusahaan riset pasar.

Pelacakan mata dapat didefinisikan sebagai kumpulan data okular. Data dikumpulkanmelalui perangkat yang tidak mengganggu seperti pelacak mata jarak jauh atau yang terpasang di kepala. ItuPerangkat yang tidak mengganggu menggunakan kamera dan juga sumber cahaya inframerah. ItuSumber cahaya diarahkan ke mata saat kamera melacak dan merekam secara okularfitur (misalnya, diameter pupil, frekuensi berkedip, gerakan rotasi). AgregatData dikumpulkan dengan software analisis pelacakan mata dan hasil analisis.

Perangkat lunak pelacakan mata saat ini sedang digunakan dalam pemasaran dan pengemasan konsumenpenelitian, akademik, medis dan perilaku penelitian psikologis, serta manusiafaktor rekayasa dan simulasi game penelitian dan aplikasi. Sebagai penelitimenemukan jalan baru aplikasi untuk pelacakan mata, lapangan berkembang secara dramatis.Bahkan militer telah menggunakan helm pelacak mata untuk pilot tempur di kapal merekaTampilan head-up yang canggih (HUDs) untuk keuntungan taktis.

Saat membahas pelacak mata, penting untuk memahami keempat dasarJenis gerakan mata yang merupakan dasar teknologi pelacakan mata meliputi:

  • Saccades..Mereka dianggap sebagai pergerakan mata yang sangat cepat yang tiba-tiba berubahtitik fiksasi Gerakan mereka bisa kecil saat membaca atau gerakan besarSaat menatap sekeliling seluruh ruangan. Umumnya bersifat refleksif, tapiBisa juga diraih secara sukarela. Gerakan mata saccadic yang paling umum terjadi selamapola tidur seseorang.
  • Gerakan Mengejar Halus. Jauh lebih lambat dari bentuk gerakan mata lainnya, yaitu SmoothGerakan Pursuit adalah gerakan rangsangan sukarela dari fovea (bagian kecil dariretina dimana ketajaman visual adalah yang tertinggi). Individu itu bersifat sukarelakemampuan untuk melacak atau mengabaikan rangsangan. Ada orang-orang terlatihyang mampu melakukan gerakan pengejaran yang mulus tanpa adanya rangsangan (moving target).
  • Pergerakan Vergensi. Tidak seperti jenis gerakan mata lainnya, sedangkan kedua mata bergerak masukArah yang sama, gerakan hening tidak bergejolak. Garis pandang masing-masingMata bisa melihat benda yang berada di dekat atau di kejauhan. Pupil ituPenyempitan sehingga meningkatkan medan persepsi dan mempertajam citra fovea (retina).
  • Gerakan Vestibulo-okular. Kompensasi untuk gerakan kepala, vestibulo-okularGerakan mata membantu menstabilkan citra visual impuls eksternal. RetinaPermukaan mengkompensasi gambar "tergelincir" dengan mendeteksi perubahan transien (gerakan kepala)sehingga menyesuaikan diri melalui gerakan mata korektif. Penyesuaian kompensasi adalahagak lambat, karena gerakan kepala serta respons sensorik

Siapa yang Menerapkan Pelacakan Mata

Setiap hari, aplikasi pelacakan mata digunakancara baru yang kreatif Ketika seseorang memikirkan berapa banyak individu menggunakan mata setiap hari, maka tidak mengherankaninformasi yang dikumpulkannya berguna untuk hampir setiap industri. Salah satu industri semacam itu adalah riset pasar.Informasi yang dikumpulkan dari penelitian pelacakan mata telah digunakan dalam desain kemasan dan juga iklan.

Olahraga profesional telah menggunakan teknologi eye tracking sebagai keunggulan dalam peningkatankinerja atlet dengan menggabungkan biomekanik, fisiologis dan perilakudata untuk menyediakan alat ukur untuk perbaikan individu. Profesional perilaku dan neuroscience telah menggunakan teknologi eye trackingdalam kemampuan membaca penilaian mereka, disleksia, fungsi motorik, serta pendengarandan pengolahan citra. Dengan penggunaan stimulasi visual berbasis layar dan gerak kepalaPerangkat pelacakan gratis, para periset telah menemukan cara baru untuk mengukur dan menilai danfungsi motor defisit serta memanfaatkan pendekatan sentuhan untuk memperbaiki kekurangan individu.

Area pelacakan mata yang baru adalah penelitian berbasis tataran. Periset telah berkembangalat yang pada akhirnya bisa mengubah interaksi antara manusia dan komputer. ItuPenelitian berfokus pada penggunaan mata untuk mengendalikan kursor komputer..Dari padaDengan menggunakan mouse, joystick atau tablet tulis, pengguna akan mengendalikan tindakan komputermelalui gerakan mata dan berkedip.

Persis bagaimana pelacakan mata bekerja bagi orang awam bisa dijelaskantidak begitu sederhana. Pelacakan mata sejak permulaannya telah digunakan untuk mengukurdan menilai perhatian visual individu. Ada beberapa cara untuk mengukur perhatian semacam itu, namun yang paling umum adalah metode yang tidak mengganggu.

Pelacakan Mata Jarak Jauh yang Non-Intrusive

Konsep dasar pelacak jarak jauh yang tidak mengganggu adalah pusat kornea muridrefleksi (PCCR). Konsep ini menggunakan sumber cahaya jarak jauh untuk menerangimata, yang magang menyebabkan pantulan dan memungkinkan sistem perekaman kameramenangkap data pencitraan Gambar yang diambil pada perangkat perekaman (kamera) mengidentifikasiberbagai refleksi antara refleksi murid dan kornea. Sekali informasiDitangkap tabel perhitungan vektor siku digunakan untuk membentuk geometris tertentufitur reflektif yang membentuk dasar arah pandang.

Bergantung pada perangkat lunak mata-mata yang digunakan, perhitungan arah tatapanmemungkinkan untuk berbagai algoritma pemrosesan gambar serta model 3D matadalam kaitannya dengan sudut pandang. Dalam istilah yang agak sederhana, prosesnya mencatatgerakan pola mata, menilai prinsip pola mata dasar, berfokus pada titikparameter tatapan, dan membentuk kompilasi data yang bila dianalisis memberidata dan hasil interpretasi spesifik pengguna akhir. Hasilnya bisa diukurapapun bentuk rentang perhatian pekerja, untuk fiksasi pada objek tertentu. Untukjelaskan lebih lanjut, contoh prosesnya adalah sebagai berikut:

  • Peneliti pelacak mata ingin mengidentifikasi gambar tertentu di komputer(misalnya, produk yang dapat dipasarkan). Ada gambar identik produk pada aLayar komputer dengan variasi yang berbeda (warna, ukuran, dll) Penelitiingin mengidentifikasi gambar mana yang diminati pengguna komputer (yang digiliran akan dapat mengidentifikasi citra produk mana yang secara estetis menyenangkanke pengguna). Proses sistem tracker mata meliputi sistem perekaman,proyektor dan serangkaian algoritma yang kompleks. Awalnya, proyektor menciptakansebuah gambar cahaya inframerah mata. Selanjutnya, sistem perekaman kamera dibutuhkangambar gambar dengan tingkat tinggi dari bingkai mata pengguna (mis., darigambar di layar yang dipusatkan pada pengguna).
  • Algoritma pengolahan pencitraan (khususnya, perangkat lunak pelacakan mata khususuntuk pelacakan gambar) mengidentifikasi rincian spesifik dari mata pengguna dan reflektifpola. Terakhir, berdasarkan rincian pencitraan yang dikumpulkan perangkat lunakmenghitung posisi mata dan titik pandang. Data ini kemudian ditafsirkanseperti yang gambar pada layar komputer pengguna telah memfokuskan merekaPerhatian pada (sehingga peneliti dapat mengidentifikasi produk mana yang dapat dipasarkankelompok pengguna akhir tertentu telah memusatkan perhatiannya).
  • Seiring bidang teknologi pelacakan mata meluas ke berbagai daerah, pertanyaan sampaitentang keefektifannya dan juga kekhawatiran untuk mendapatkan data yang akurat. Pada sepertiPerhatiannya adalah apakah kedip mempengaruhi hasil pelacakan mata..Seperti berkedip-kedipMata adalah tindakan tak disengaja, umumnya tidak bisa dikendalikan. Sehubungan dengan ituUntuk pelacakan mata, berkedip muncul untuk menghalangi kelopak mata dan kornea mata saat kelopak matatutup. Sebagai data refleksi kornea diperlukan dalam kompilasi data pelacakan mata,Selama analisis hasil akhir, titik data yang hilang digabungkan olehbaik ekstraksi manual atau ekstraksi otomatis oleh perangkat lunak pelacakan mata.Meskipun ekstraksi data mungkin tidak 100% cukup dekat untuk menarik kesimpulan data yang akurat.

Masih ada pertanyaan lain, apakah gerakan kepala mempengaruhi pelacakan matahasil? Gerakan kepala selama sesi pelacakan mata merupakan salah satu faktor yangBisa condong hasil karena bisa memiliki dampak pasti pada keakuratan tatapandata. Dalam memecahkan masalah pergerakan kepala, beberapa sensor optik danPengumpulan data kamera berada di pusat jangkauan penggunapenglihatan untuk menciptakan sejenis "pengolahan data stereo" yang meningkatrentang penglihatan horizontal. Sekali lagi, sama seperti berkedip, mataPerangkat lunak pelacakan akan menghasilkan skema yang akan mempertimbangkannyagerakan vestibulo-okular (kepala) dan menyesuaikan data interpretasi akhir sesuai dengan itu.Yang tidak bisa disesuaikan pada hasil akhir adalah jika pengguna tracker mataMemalingkan kepala ke samping, membentuk gerakan kepala yang cepat dan cepatberada di luar jangkauan sensor optik dan kamera.

Saat membahas teknologi eye tracker satu pertanyaan yang selalu nampakTimbul adalah akurasi dan ketepatan peralatan pelacak mata (optiksensor, kamera, dll) serta analisis interpretasi data (software).Kekhawatiran ini telah ditangani oleh berbagai perusahaan pelacak matayang telah mengembangkan standar pengukuran untuk memastikan akurasi terbaikmungkin. Standar ketepatan Monokuler menguji setiap matauntuk memastikan akurasi kinerja mata individu. Sebagai lawanuntuk tes Akurasi Teropong yang sekaligus menguji kedua mata (seringkalidianggap sebagai rasio normalnya).

Masa Depan Pelacakan Mata

Deskripsi Motif Akurasi dianggap sebagai kondisi pengujian ideal yang digunakansebagai dasar untuk mengukur semua hasil akurasi lainnya. Akurasi yang ekstremsudut pandang menguji sudut pandang yang mempengaruhi komponen utama daripelacakan mata Keakuratan iluminasi yang bervariasi adalah tes yang memanfaatkan empatKriteria penyinaran termasuk foreground dan background inversion(gangguan). Memvariasikan akurasi posisi kepala yang diperhitungkangerakan kepala selama proses pelacakan mata. Masing-masing individu inistandar uji bersama dengan peralatan kalibrasi dilakukanuntuk menjaga hasil pelacakan mata yang paling akurat.

Masih ada kritik yang memiliki kekhawatiran bahwa pelacakan mata itu adilsebuah teknologi baru. Para kritikus telah menimbulkan kekhawatiran bahwa teknologi itu bisadisalahgunakan dan / atau hasil pengujian disalahartikan. Sebagai teknologinyatelah menjadi lebih dan lebih canggih dan hasilnya lebih pasti,Kritikus tampaknya sedikit dan jauh antara. Teknologi pelacakan mata telah dilakukanDigunakan untuk mendeteksi cedera otak dan gegar otak, dalam pendidikan untuk orang-orang denganketidakmampuan membaca dan hampir di setiap bidang yang bisa dibayangkan.

Masa depan teknologi pelacakan mata nampaknya sudah ada di sini..Selulerteknologi pelacakan mata telepon telah dimulai. Samsung Corporationtelah memperkenalkan jajaran ponsel yang akan menghentikan sementara video yang menghadap ke depansaat pengguna berpaling. Samsung dan perusahaan telepon seluler lainnyamemperkenalkan telepon pengenalan biometrik iris yang akan membuka kunciPengguna menatap layar ponsel.

Industri otomotif telah berkembang mataMelacak sistem pemantauan perhatian yang bisa mendeteksi saat pengemudi mengantuksehingga meminimalkan kecelakaan. Dengan demikian, mobil masa depan bisa dilengkapi dengan mataalat pemantau pola yang dapat melakukan penyesuaian pola mengemudi dengan melihatpengemudi dan lingkungan sekitarnya (trotoar hujan, kondisi salju, dll).Teknologi pelacakan mata telah diperkenalkan ke dunia game virtual reality.Sistem VR menggunakan teknologi ini untuk menghidupkan objek dengan gerakan mata.Dalam bidang medis, langkah yang dikembangkan untuk pelacakan mata memungkinkanmendeteksi tanda-tanda awal stroke atau kejang.

Ada banyak tantangan yang menghalangi teknologi eye-trackingkarena bergerak ke arus utama kehidupan sehari-hari. Pengenalan pelacakan mataPerangkat lunak masih harus berbeda dari mata yang sederhanagerakan (distraction vs intent). Pertimbangan lain yang harus diperhatikantermasuk varians visi, ketegangan mata dan gangguan. Sebagai mataperalatan pemantauan pelacakan memanfaatkan eksposur sinar inframerah kemata, belum ada cukup banyak penelitian yang meyakinkan tentang efek merusak dari eksposur yang berkepanjangan atau berulang.

Sebagai contoh, kami di Semalt Digital Services bekerja sama dengan perusahaan riset pasar CoolTool , yang menyediakan mata yang lengkapmelacak teknologi beserta teknik pelacakan perilaku pelanggan lainnyauntuk riset pemasaran yang kompleks. Padahal, perusahaan ini memilikigenerasi memimpin yang sangat baik dan permintaan yang tinggi terutama karena minatdari penonton ke teknologi. Memang, pelacakan mata memungkinkan Andauntuk memeriksa reaksi spesifik terhadap aspek pemasaran Anda,yang berbeda dari survei konsumen tradisional. Ini menyebabkan apopularitas besar teknologi pelacakan mata di bidang pemasarandan tren ini berkembang.

Sebagai kesimpulan, teknologi eye trackingdisini untuk tinggal. Teknologi ini dimasukkan ke dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga penerimaannyanampaknya meluas. Begitu perkembangan dan perangkat tambahan sedang berlangsung, pelacakan mataakan terus meningkatkan penggunaan teknologi untuk otomatisasi perangkat biasa dandeteksi gangguan medis dan / atau psikologis (dan itu baru permulaan)Masa depan teknologi pelacakan mata tidak terbatas pada imajinasi peneliti individual,aplikasi praktisnya dalam hidup kita tidak terbatas Source .

November 27, 2017